Membanggakan, Gita Tamtama Jiwa Kerap Tampil di Acara HUT Jawa Timur


Grup musik kolintang Gita Tamtama Jiwa saat tampil pada puncak HUT RSJ Menur ke 41.

SURABAYA – Tak banyak yang tahu jika Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur memiliki grup musik kolintang mumpuni. Bernama Gita Tamtama Jiwa, grup musik ini terdiri dari 9 pemain alat musik kolintang dan 1 penyanyi. Mereka terdiri dari berbagai latar profesi yakni dokter, perawat, apoteker, dan petugas laboratorium.

“Kita berdiri sejak 2014, anggotanya ada perawat, dokter, laboratorium, yang pegang alat musik. Sedangkan penyanyinya orang laboratorium,” jelas Rochani, salah satu anggota grup musik kolintang yang berlatar belakang profesi sebagai perawat.

Lebih lanjut wanita yang juga kepala ruang Wijaya Kusuma RSJ Menur ini mengungkapkan, jika berdirinya grup musik Gita Tamtama Jiwa ini bermula dari keinginan untuk berpartisipasi dalam acara Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur pada 2014 silam. Tak disangka sambutan audiens kala itu cukup membanggakan. Keberadaan grup musik Gita Tamtama Jiwa ini pun bertahan hingga sekarang. Bahkan mereka kerap tampil mengisi acara HUT Jawa Timur.

“Kita memang rutin diundang tampil pada acara HUT Jawa Timur. Alhamdulillah, keberadaan kita mendapat sambutan positif,” ujar wanita yang telah mengabdi di RSJ Menur selama 28 tahun ini.

Untuk menjaga kekompakan dalam bermain, grup musik ini selalu menyempatkan waktu berlatih minimal sebulan sekali. Berbagai genre musik pun dengan apik dimainkan grup musik Gita Tamtama Jiwa, mulai pop, jazz, hingga keroncong. Untuk genre musik yang terakhir ini diakui Rochani yang paling sulit.

“Keroncong memang yang paling sulit karena kan ada lenggak lenggoknya, jadi ya lumayan butuh waktu untuk menguasainya,” ujarnya.

Kolintang sendiri merupakan alat musik khas dari Minahasa, Sulawesi Utara yang mempunyai bahan dasar kayu. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

Share this post

No comments

Add yours