Hindari Depresi, Seimbangkan Spiritual dan Jasmani


Ilustrasi

SURABAYA – Tingkat kebutuhan hidup yang terus meningkat kerap memaksa seseorang untuk lebih memeras keringat. Kerja keras pun menjadi pilihan demi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun rutinitas kerja yang dilakoni setiap hari justru dapat memicu stres yang berujung pada depresi. Disinilah dibutuhkan manajemen stres yang baik, bagaimana mengolah stres sehingga tak menimbulkan depresi.

“Tekanan dalam hidup memang tak bisa dihindari, berlapang dada dalam menerima keadaan akan menjadikan langkah kita jauh lebih mudah dalam menjalankan rutinitas. Dan yang paling penting adalah menyeimbangkan antara kebutuhan spiritual dan jasmani,” tegas dr. Esther Haryanto, Sp.KJ, Kepala Instalansi Rawat Inap RSJ Menur.

Lebih lanjut dr. Esther mengungkapkan, pada dasarnya apapun yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya berakhir pada kepuasan fisik dan kedamaian rohani. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diinginkan manusia untuk memenuhi keinginan fisik atau jasmani seseorang. Kebutuhan jasmani erat kaitannya dengan kebutuhan fisik.
Sedangkan kebutuhan rohani adalah kebutuhan manusia untuk memenuhi keinginan jiwa dan spiritualnya. Kebutuhan rohani berkaitan dengan kepuasan batin manusia.

“Jadi keduanya harus bisa seimbang agar seseorang tak mudah mengalami depresi,” imbuhnya.

Diakui dr.Esther jika dewasa ini tren penderita gangguan jiwa cenderung meningkat. Stres menjadi pangkal utama seseorang bisa menderita gangguan jiwa.

“Gangguan kejiwaan kan ada tingkatannya, mulai dari yang ringan sampai berat. Dan stres bisa jadi pemicu seseorang mengidap gangguan jiwa. Semakin tinggi tuntutan hidup semakin besar pula peluang seseorang terjangkit stres,” ujarnya.

Manusia harus menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani dan rohaninya. Jika hanya memenuhi kebutuhan jasmani, maka hidup akan kosong dan terasa hampa. Sedangkan jika hanya fokus memenuhi kebutuhan rohani, maka manusia tidak akan memiliki waktu untuk memenuhi kebutuhan jasmani.

Share this post

No comments

Add yours