Hindari Makan Berlebih Saat Berbuka Puasa


Ilustrasi

SURABAYA – Berbuka puasa merupakan moment yang paling ditunggu bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Namun masalah yang sering terjadi ketika berbuka puasa adalah tergoda makan apa pun.

“Ketika saat berbuka tiba kita pasti akan tergoda untuk makan ini itu, pada akhirnya, makan jadi berlebihan karena “balas dendam” setelah seharian berpuasa,” ujar Suciningati, Amd.G, Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur.

Lebih lanjut wanita yang karib disapa Suci itu mengungkapkan, efek makan berlebih saat berbuka puasa justru mendatangkan sejumlah problem mulai dari rasa kantuk hingga badan menjadi gemuk.

“Sering ya setelah berbuka justru merasa ngantuk sehingga tidak bisa fokus tarawih, itu karena yang bersangkutan makannya ‘kalap’ saat buka puasa,” ujarnya seraya tergelak.

Suci pun memberikan tips bagaimana caranya agar tidak makan berlebihan saat berbuka. Pertama, minum air putih dulu. Segera saat berbuka puasa, minumlah air putih untuk menghilangkan haus dan dehidrasi, sekaligus untuk membuat perut tidak lapar berlebih. Minum air putih lebih banyak lagi setelah makan.

Kedua, makan pelan-pelan. Jangan makan buru-buru hanya karena merasa lapar. Makanlah yang tenang, mengunyah yang pelan dan nikmati makanannya. Selain pencernaan jadi lebih mudah menyerap nutrisi, makan perlahan juga membuat cepat kenyang.

Selain tak makan berlebih saat berbuka puasa, asupan air putih juga perlu diperhatikan saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Umumnya, kebutuhan air minum yang perlu dipenuhi adalah 8 gelas per hari. Puasa tidak kemudian membuat kita kesulitan mencukupi kebutuhan ini. Ada cara yang bisa dilakukan agar tetap bisa minum 8 gelas air minum tiap hari,” jelasnya.

Suci pun menjelaskan, selama buka hingga waktunya imsak usahakan minum banyak air putih. Tidak perlu langsung 8 gelas sehari, setiap ingin ngemil, minumlah air putih dulu. Bukan hanya bisa menghilangkan dehidrasi dan melancarkan metabolisme tapi juga membersihkan pencernaan.

“Intinya kita harus bisa mengatur selama buka puasa hingga waktunya sahur tiba, agar kebutuhan minum air putih tetap terpenuhi sebagaimana mestinya,” pungkasnya.

Share this post

No comments

Add yours